Jumat, Februari 11, 2011

CATATAN HARI SELASA “STUDI BANDING KE ANAK SALEH :

Pagi buta aku laju sepeda motor menuju Brangkal. Meski agak terkantuk-kantuk karena semalaman ngaji di Jombang, aku menstater sepeda dengan kecepatan 80 Km-90 km. Aku khawatir akulah mahasiswa yang akan terlembat ditunggui teman-temanku. Sampai di Brangkal, aku langsung mencari Mushola untuk melaksanakan sholat Subuh, yang kebetulan Musholanya dekat rumah temanku. Selesai Sholat aku langsung diajak oleh teman-temanku masuk mobil, menuju Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang. Tepat pukul 05.00, kami tiba di UNIPDU. Di sana sudah berkumpul Mahasiswa-Mahasiswa S2 kelas A. Dari cerita mereka, ada salah satu teman dari Krian, berangkat dari rumah pukul 02.00 dan sejak subuh sudah menunggu di Depan UNIPDU. Subhanallah. Semangat sekali.
Sambil menunggu Bis yang kebetulan belum datang, kami berbincang-bincang dan guyon-guyon bersama, suasana keakraban sangat terasa. Beberapa menit kemudian bisnya telah datang. Kami langsung menyerbu Bis dari KPRI DEPAG JOMBANG tersebut. Bis melaju. Saya kira akan meniti Jalan Pujon, ternyata Bis melaju menuju Mojokerto. Ahhhh, Aku kesal, kenapa tidak menunggu di Mojokerto saja!!!!!......tapi sudahlah semua sudah terlanjur….
Ditengah perjalanan, antara Lawang dan Malang, Ibu-Ibu sudah berteriak minta sarapan. Mereka khawatir mah-nya kambuh. Aku segera memandang ke sebalah kiri jalan, mencari warung yang enak untuk peristirahatan. Ah tidak menemukan warung yang pas….Maklum bukan ahli Kuliner. Hingga aku memutuskan untuk berhenti di Masjid Sabilillah saja. Saya pikir, kalau di Masjid Sabilillah nanti teman-temanku bisa berganti baju dan mencari sarapan sendiri-sendiri sesuai selera masing-masing. Pukul 08.30 rombongan tiba di Masjid Sabilillah, aku segera menuju tempat wudhu, tetapi teman-temanku yang kelaparan, langsung mencari warung disekitar Masjid. Aku sempatkan untuk melaksanakah sholat dhuha, setelah itu mencari makan. Aku lihat lihat teman-temanku berpencar. Tepat dugaanku, mereka mencari seleranya masing-masing. Ada yang beli Soto, pentol, ngopi, bakso……..aku sendiri. Pecel. Eh dasar lidah pecel. Tetapi aku merasakan pecel malang lebih uenak……
Tidak terasa, waktu termakan satu jam. Rombongan langsung menuju TK anak Saleh. Di Anak saleh, rombongan langsung disambut oleh Dr. Imron Arifin, dosen kami yang kebetulan juga merupakan ketua Yayasan Anak Saleh. Dari penjelasannya, Anak saleh telah menunggu sejak pukul 07.30. Pihak anak saleh sebenarnya hendak menyatukan dari Studi Banding TK Lawang dan TK Al Azhar Surabaya, tetapi dasar mahasiswa UNIPDU, yang penting sarapan dulu…..LOGIKA TANPA LOGISTIK NDAK JALAN……ya begitulah……musuh mahasiswa tua tua….ndak on time ndak apa-apa yang penting perut ndak brontak…. Wk wk wk wk…..
Dari penjelasan panjang lebar dan observasi langsung ke Play Group, TK, SD Anak Saleh……yang membuat aku tertarik adalah kisah dari Pak Imron tentang asal muasal berdirinya ANAK SALEH. Ternyata ide berdirinya berasal dari orang Kristen yang kebetulan adalah dosen S 3 nya pak Imron, yang bercerita diberi biaya besar dari gereja, ciputra, korea, dan Amerika Serikat, untuk menyusun Play Group dalam rangka misi Kristenisasi. Pak Imron pun gelisah, kemudian ia ceritakan kepada Prof. Sonhaji, yang kebetulan guru sekaligus salah satu Pengurus ormas Islam terbesar di Malang. Dari penjelasannya, Pak Sonhaji merekomendasikan untuk mendirikan play group serupa dengan syarat jangan ada kata-kata Islamnya, yang umum. Maka pada saat itu lahir Anak Saleh. Kebetulan TK Anak saleh ini dekat dengan perumahan yang dosen dosen UNIBRAW menetap disitu. Dan anak-anak Dosen Unibraw banyak disekolahkan disitu. Yang kemudian menjadikan isu besar di jagat Malang, bahwa TK anak Saleh itu TKnya Dosen Unibraw. Padahal tidak. tetapi isu itu menjadi keuntungan sendiri bagi anak saleh. Ahkhirnya banyak orang dari pejabat sampai orang orang kaya berduyun duyun menyekolahkan anaknya ke Anak saleh. Hingga sekarang. Prestasi prestasi telah di raih. Yang ingin kucatat, Anak saleh menjadi juara UKS Nasional dan menjadi percontohan Nasional pula. Mengenai manajemennya itu aku laporkan kalau tanggal 19, tepat saat disuruh presentasi di depan Pak Imron…. Wk wk wk…PR……

1 komentar:

reza aconk mengatakan...

blog anda bagus>>>
saya ajungi jempol!!!!

dan saya hanya sekedar mampir ya sekalian blogwalking!!!

jika berniat liat blog saya kunjungin balik jja!!!!

Kethuk Hati © 2008 Por *Templates para Você*