Minggu, April 17, 2011

Dibalik tutup Amal

Rasulullah Saw bersabda, "Orang pertama yang diadili pada hari kiamat adalah seorang lelaki yang mati syahid. la dipanggil di hadapan Tuhan dan diperlihatkan kepada¬nva amal perbuatannya dan ia pun mengenalinya.

Tuhan bertanva, "Apa yang telah kamu perbuat untuk mendapatkannya (mati syahid)?"

Lelaki itu menjawab, "Aku berperang demi (mendapat) ridla-Mu hingga aku gugur di medan laga.

Tuhan berkata, "Kamu berdusta! Kamu berperang supaya dibilang orang pemberani dan sungguh kamu telah mendapatkan keinginan itu." Kemudian Tuhan memerintahkan agar orang itu diseret dan dilemparkan ke dalam api neraka."

“Orang kedua adalah seorang lelaki yang tekun menuntut ilmu, mengajarkan ilmunya dan membaca Al Qur’an. Ia dipanggil di hadapan Tuhan dan diperlihatkan kepadanya amal perbuatannya dan ia pun mengenalinya.

Tuhan bertanya:”Apa yang telah kamu perbuat dengannya (menuntut ilmu)?

Lelaki itu menjawab, Hamba menuntut ilmu, mengajarkannya kepada orang lain dan membaca Al Qur’an demi Engkau, Tuhan.

Tuhan berkata, ‘Kamu telah berdusta! Kamu menuntut ilmu supaya dibilang orang pintar dan kamu membaca Al Qur’an supaya dibilang qari’ yang bagus dan sungguh kamu telah mendapatkan semua itu. Kemudian Tuhan memerintahkan agar orang itu diseret dan dilemparkan ke dalam api neraka.”

"Orang ketiga yaitu seorang lelaki yang dilapangkan dan dikaruniai Allah segala macam harta benda dipanggil di hadapan Tuhan, diperlihatkan kepadanya amal perbuatannya dan ia pun mengenalinya.

Tuhan bertanya: "Apa yang telah kamu perbuat terhadap (harta bendamu)?"

Lelaki itu menjawab, "Aku tak pernah melewatkan kesem¬patan menafkahkan harta bendaku di jalan-Mu dan itu demi Engkau Tuhanku".

Tuhan berkata, "Kamu telah berdusta! Kamu tidak melakukan semua itu kecuali dengan pamrih supaya dibilang sebagai orang yang dermawan dan sungguh kamu telah mendapatkan semua itu. Kemudian Tuhan memerintahkan agar orang itu diseret dan dilempar¬kan ke dalam api neraka." (Hadits riwayat Muslim) .

0 komentar:

Kethuk Hati © 2008 Por *Templates para Você*