Jumat, Januari 01, 2010

Gus Dur Yang Saya Kenal




Pada pukul 19.00, rabu tanggal 30, waktu saya sedang mempersiapkan rapat pembentukan SMK di Pesantren Tambak Suruh, tiba-tiba saya mendapat sms yang sangat mengejutkan. Dalam sms itu menyebutkan bahwa, INNALILAHI WAINNAILAHI ROJIUN......GUS DUR TELAH MENINGGAL PUKUL 18.45. Sontak saya kaget. Saya tidak percaya. Kemudian saya menyalakan TV dan ternyata kabar itu benar adanya.
Pemberitaan-pemberitaan terus saya ikuti. Dari RSCM, kedatangan Presiden, rapat mendadak sejumlah pejabat negara, sampai kesan-kesan kawan-kawan gus dur serta persiapan pemakaman di PP Tebu ireng. Hingga pukul 01.00 dini hari mata saya masih ada di depan TV. Tidak terasa, air mata ini terus mengalir membahasi pipiku.
Gus dur adalah sosok tokoh NU yang selama ini saya kagumi. Saya mengenal Gus Dur sejak SMA. Namun secara mendalam saya mengenal gus dur waktu menjadi mahasiswa. Waktu menjadi Mahasiswa, saya banyak membaca karya tulis Gus Dur, Biografi serta karya-karya orang lain yang membincangkan pola pikir Gus Dur. Bertemu dengan gus dur sudah beberapa kali. Namun yang paling terkesan adalah pada saat saya bertemu di peringatan Haul Sunan Ampel pada tahun 2001. Waktu buyaran pengajian, semua orang berbondong-bondong ingin minta salaman kepada beliau. Saya juga ikut merangsek. Gus dur tepat di samping saya, kemudian saya memegang pundak beliau. Itu saja sudah sangat berbahagia.
Mengenang Gus dur bagi saya adalah.......


Selanjutnya Klik Judul.......

0 komentar:

Kethuk Hati © 2008 Por *Templates para Você*