Senin, Januari 18, 2010

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAP(DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI

Masalah penelitian. Banyak kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengajaran pendidikan agama islam, diantaranya adalah (a) faktor guru yang masih banyak menggunakan cara lama (tradisional) dalam proses pembelajarannya. Dalam penerapannya dilapangan masih banyak mengabaikan prinsip pengajaran pendidikan agama islam yang memperhatikan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak, atau dengan istilah lain mengabaikan prinsip yang mengacu kepada asas Developmentally Approapriate Practice (DAP). Guru terpaku kepada bidang kognitif sehingga tugas yang diberikan kepada anak jauh melebihi kemampuannya; (b) ketidak sinambungan isi kurikulum, tujuan, metode dan evaluasi. Akibatnya terjadi penurunan kualitas pengajaran pendidikan agama islam Hal ini terlihat dari jumlah waktu aktif belajar atau berlatih.Rendahnya pemanfaatan waktu belajar juga merupakan indikator rendahnya efektivitas pengajaran pendidikan agama islam; (c) dalam Garis-garis Besar Program Pengajaran tidak dicantumkan secara ekplisit tentang sekuens tugas gerak yang memodifikasi substansi pengajaran, isi materi, fasilitas, alat sarana dan prasarana pembelajaran. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV diSekolah Dasar Negeri Sumber Wetan II Probolinggo.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode obsevasi, wawancara, dokumentasi dan Angket dengan sampel yang melibatkan 40 responden. Kemudian dengan Mean dan rumus korelasi product moment.
Adapun pengaruh strategi pembelajaran DAP (developmentally appropriate practice) dapat dikatakan mempunyai pengaruh positif. Hal ini terbukti dari yang diperoleh dengan menggunakan product moment dengan rata-rata 0,566. Bila dikonsultasikan dengan table signifikan 5% dan 1% maka dapat di lihat bahwa nilai “r” hasil penelititn lebih besar dari nilai “r” yang terdapat table product moment dan apabila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai “r” tingkat pengaruh startegi pembelajaran (developmentally appropriate practice) terhadap keberhasilan pembelajaran pendididikan agama islam terbukti cukup atau sedang. Sebab nilai 0,566 hasil penelitian berada diantara perhitungan 0,40 – 0,70 yang berarti kategori sedang atau cukup.


selanjutnya Klik Judul

0 komentar:

Kethuk Hati © 2008 Por *Templates para Você*